-->

December 11, 2013

Desain Kurikulum




BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Paradigma baru pendidikan terus bergeser dengan bergulirnya era global dan era otonomi daerah. Hal ini telah mempengaruhi berbagai aspek pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan. Kemampuan  manajemen dan profesionaliisme pengelola pendidikan  mulai dipertanyakan karena  adanya  indikator  bahwa  mutu pendidikan belum meningkat secara signifikan. Sektor pendidikan merupakan salah satu faktor yang cukup strategis dalam rangka pengelolaan sumber daya manusia, guna menghasilkan sumber daya yang bermutu, agar siap menghadapi segala macam tantangan dalam persaingan global. Dalam sistem pendidikan, sekolah merupakan ujung tombak dan paling menentukan untuk mencapai keberhasilan tujuan yang diharapkan. Beberapa indikator esensial yang sangat menentukan mutu sekolah antara lain: siswa, kurikulum, sarana prasarana, tenaga kependidikan, pengelolaan  atau manajemen dan lingkungan. (Fuad Hasan, 1988).
Tujuan utama organisasi kurikulum ini ialah mengembangkan kapasitas belajar untuk meguasai fakta, konsep, prinsip yang terdapat dalam mata pelajaran. Dengan demikian, spesialisasi yang merupakan ciri utama organisasi kurikulum ini sangat relative sifatnya, sebab penguraian mata pelajaran yang sedemikian terperinci hanya dapat dilakukan pada tingkat pendidikan tinggi atau dalam suatu universitas. Maka dari itu pentingnya pembentukan kurikulum organisasi dalam komponen.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja macam-macam desain kurikulum menurut para ahli?
2.      Apakah pengertian desain kurikulum disiplin ilmu, desain kurikulum berorientasi pada masyarakat, desain kurikulum berorientasi pada siswa dan desain kurikulum teknologi ?


Full makalah klik Disini

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.