-->

December 15, 2013

Karya Ilmiah:LCD Proyektor Sebagai Fasilitas Umum Pendidikan

BAB I
Pendahuluan
1.    Latar Belakang
Pada era globalisasi seperti sekarang kita dituntut kesiapan yang lebih matang dalam segala hal. Bidang pendidikan merupakan salah satu andalan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan zaman. Persiapan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan dilakukan sejak dari masa pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Peran sarana pendidikan sangat penting dalam memperlancar pelaksanaan proses pembelajaran. Satu sisi harapan yang dibebankan pada dunia pendidikan sangat banyak, tetapi di sisi lain dunia pendidikan mempunyai banyak masalah yang menghambat dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi. Salah satu masalah yang dihadapi oleh perguruan tinggi adalah masalah sarana pendidikan.
Dalam rangka mengatur substansi fasilitas atau sarana di perguruan tinggi di gunakan suatu pendekatan administratif tertentu yang disebut juga manajemen sarana pendidikan. Manajemen sendiri merupakan proses pendayagunaan semua sumber daya dalam rangka mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Pendayagunaan melalui tahapan proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Sarana pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancer, teratur, efektif, dan efisien. Jadi manajemen sarana pendidikan adalah keseluruhan proses perencanaan, pengadaan, pendayagunaan, dan pengawasan yang digunakan untuk menunjang pendidikan agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancer, teratur, efektif, dan efisien.
Perlengkapan perguruan tinggi, atau juga sering disebut dengan fasilitas perguruan tinggi, dapat di kelompokan menjadi sarana pendidikan dan prasarana pendidikan. Sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di perguruan tinggi, seperti: ruang, buku, perpustakaan, labolatarium dan sebagainya.Sedangkan prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang proses pendidikan di perguruan tinggi. Dalam pendidikan misalnnya lokasi atau tempat, bangunan perguruan tinggi, lapangan olahraga, ruang dan sebagainya.
LCD (liquid crystal display) proyektor merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk presentasi multimedia pada berbagai kegiatan khususnya pendidikan. Penggunaan LCD proyektor bagi kegiatan pendidikan tersebut telah memberikan banyak manfaat bagi mahamahasiswa yang mengikuti perkuliahan. Demikian halnya, bagi dosen sebagai tenaga pengajar perguruan tinggi, penggunaan LCD proyektor dapat memudahkan dosen dalam menyampaikan materi pengajaran secara interaktif melalui perangkat notebook/laptop yang dimiliki dosen.

Full Post Klik Disini

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.