-->

December 11, 2013

Media Pembelajaran



Pemilihan Media Pembelajaran

Pertimbangan pokok dalam memilih media, terdiri atas beberapa kriteria sebagai berikut:

1.      Menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, Media pembelajaran yang akan digunakan sedapat mungkin dapat membantu dan mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

2.      Media yang dipilih hendaknya selalu disesuaikan dengan kemampuan siswa. Penyesuaian ini dapat dilihat dari aspek umur siswa atau kemampuan siswa sendiri untuk memahami media yang digunakan. Jika tidak maka media tersebut tidak lebih akan menjadi sebuah pajangan belaka

3.      Media yang digunakan hendaknya tepat guna artinya dapat mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran yang dipelajari

4.      Media yang dipilih hendaknya memang tersedia, artinya tersedia alat/bahannya atau tersedia waktu untuk mempersiapkan dan mempergunakannya.

5.      Media yang dipilih hendaknya disenangi oleh guru dan siswa.Media yang dipilih hendaknya di minati atau disenangi oleh siswa dan termasuk guru sendiri. Disinilah perlunya guru kreatif untuk menciptakan media pembelajaran agar dapat disesuaikan dengan apa yang disenangi guru dan disukai oleh siswa

6.      Persiapan dan penggunaan media hendaknya disesuaikan dengan biaya yang tersedia. Hal ini biasanya menjadi hambatan pokok karena memaksakan menggunakan media sementara tidak didukung oleh dana ang memadai. Hendaknya media yang digunakan adalah media tepat guna, atau media pembelajran sederhana yang dapat dijangkau oleh siswa dan guru.

7.      Kondisi fisik lingkungan turut mempengaruhi media. Oleh karena itu, perlu diperhatikan baik-baik kondisi lingkungan pada saat merencanakan penggunaan media.

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.