-->

December 20, 2013

PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Sebagai seorang guru setiap tahun Anda akan bertanggung jawab untuk  mendidik anak-anak baru di kelas Anda. Masa kanak-kanak adalah fase yang penting dalam kehidupan manusia. Namun di abad pertengahan hukum biasanya tidak membedakan antara kejahatan anak dan dewasa, dan anak-anak diperlakukan sebagaimana orang dewasa. Kita memandang masa kanak-kanak sebagai masa yang unik dan penuh wama dan merupakan landasan penting untuk masa dewasa nanti. Pada periode ini kita melihat anak-anak mulai belajar menguasai keahlian tertentu dan menghadapi tugas-tugas baru. Kita menghargai masa kanak-kanak sebagai masa pertumbuhan dan perubahan yang penting, dan kita menghabiskan banyak sumber daya untuk mengasuh dan mendidik mereka.
Apa yang dimaksudkan oleh para psikolog ketika mereka berbicara tentang perkembangan seseorang? Perkembangan adalah pola perubahan biologis, kognitif, dan sosioemosional yang dimulai sejak lahir dan terus berlanjut di sepanjang hayat. Kebanyakan perkembangan adalah pertumbuhan, meskipun pada akhirnya ia mengalami penurunan (kematian). Pendidikan harus sesuai dengan perkembangan ini. Artinya, pengajaran untuk anak-anak harus dilakukan pada tingkat yang tidak terlalu sulit dan terlalu menegangkan atau terlalu mudah dan menjemukan.
Pola perkembangan anak adalah pola yang kompleks karena merupakan hasil dari beberaa proses: proses biologis, kognitif, dan sosioemosional. Perekmbangan juga dapat dideskripsikan berdasarkan periodenya yang bertujuan untuk mengorganisasi dan pemahaman. Dalam system klarifiaski yang paling banyak dipakai, periode perekembangan meliputi periode bayi, usia balita, periode sekolah dasar, masa remaja, dewasa awal, dewasa tengah, dewasa akhir.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas didapat beberapa masalah yang perlu mendapat perhatian lebih, diantaranya yaitu:
1.        Bagaimana perkembangan kognitif menurut pendangan Piaget?
2.        Bagaimana perkembangan kognitif menurut pendangan Bruner?
3.        Bagaimana perkembangan kognitif menurut pendangan Vygotsky?
4.        Bagaimana perkembangan bahasa menurut pendangan Chomsky?


C.       Tujuan
Setelah diadakannya diskusi mengenai perkembangan kognitif dan bahasa menurut beberapa ahli, yang telah dipaparkan sebelumnya. Diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan dalam:
1.        Menjelaskan perkembangan kognitif menurut pendangan Piaget.
2.        Menjelaskan perkembangan kognitif menurut pendangan Bruner.
3.        Menjelaskan perkembangan kognitif menurut pendangan Vygotsky.
4.        Menjelaskan perkembangan bahasa menurut pendangan Chomsky.

D.      Metode
Dalam pembuatan makalah ini, metode yang kami gunakan adalah observasi terhadap beberapa referensi buku bacaan yang berkaitan dengan psikologi pendidikan serta mengumpulkan beberapa sumber bacaan yang telah kami unduh dari internet.


Full Post Klik Disini

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.