-->

January 31, 2014

PEMBELAJARAN SASTRA ANAK-ANAK

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan sastra dan bahasa Indonesia mempunyai peranan yang penting didalam dunia pendidikan. Di sekolah dasar, pembelajaran sastra dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa mengapresiasikan karya sastra. Pembelajaran sastra di SD adalah pembelajaran sastra anak. Sastra anak adalah karya sastra yang secara khusus dipahami oleh anak-anak dan berisi tentang dunia yang akrab dengan anak-anak, yaitu anak yang berusia antara 6-13 tahun. Sifat sastra anak adalah imajinasi semata, bukan berdasarkan pada fakta. Unsur-unsur imajinasi ini sangat menonjol dalam sastra anak. Hakikat sastra anak harus sesuai dengan dunia dan alam kehidupan anak-anak yang khas milik mereka dan bukan milik orang dewasa. Sastra anak mampu bertumpu dan bermula pada penyajian nilai dan imbauan tertentu yang dianggap sebagai pedoman tingkah laku dalam kehidupan.
Sawyer dan Comer (1991 : 2-5) mengatakan bahwa karya sastra dapat menolong anak untuk memahami dunia mereka, membentuk sikap-sikap yang positif dan menyadari hubungan yang manusiawi. Pada dasarnya anak-anak berfikir secara konkret dan nyata sehingga apa bila guru mampu meggabungkan model pembelajaran dengan sastra akan lebih bermakna dalam pembelajaran selain guru berusaha memahami anak lewat dunianya juga berusaha untuk membentuk sikap positif seperti, kesadaran harga diri, toleransi terhadap orang lain, keingin tahuan tentang hidup. Hingga akhirnya apa bila kita sebagai calon guru mengetahui apa yang mereka inginkan, dunia seperti apa yang mereka sukai akan dengan mudah untuk mengolah pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik itu sendiri seperti halnya melalui sastra.
B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat disampaikan rumusan masalah sebagai berikut:
1.    Bagaimanakah hakikat pembelajaran sastra anak di SD?
2.    Apa sajakah macam-macam karya sastra anak?
3.    Bagaimanakah pentingnya pembelajaran sastra untuk anak?
4.    Bagaimanakah cara memilih sastra anak yang sesuai dengan perkembangannya?

C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, dapat disampaikan tujuan sebagai berikut adalah:
1.    Menjelaskan hakikat pembelajaran sastra anak di SD.
2.    Memaparkan macam-macam karya sastra anak.
3.    Menjelaskan pentingnya pembelajaran sastra untuk anak.
4.    Memaparkan cara memilih sastra anak yang sesuai dengan perkembangannya.


Download and Full Post Klik Disini

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.