-->

January 29, 2014

PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar belakang masalah
Dalam beberapa dasawarsa ini, telah terjadi beberapa kali perubahan pendekatan dalam dunia pembelajaran, termasuk didalamnya pembelajaran bahasa. Salah satu perkembangan yang terjadi dalam pembelajaran bahasa ialah munculnya pendekatan yang dilakukan oleh filsafat pendidikan bahasa terpadu. Dengan munculnya pendekatan tersebut, maka bertambahlah khasanah dalam dunia pendidikan khususnya dalam permasalahan pembelajaran bahasa. Hal seperti terjadi dalam ranah bidang studi bahasa Indonesia sehingga kita mengenal beberapa pendekatan seperti Pendekatan Tujuan, Pendekatan Komunikatif, Pendekatan Ketrampilan Proses, Pendekatan Struktural, Pendekatan Whole Language, Pendekatan Kontekstual, Pendekatan Pragmatif, Pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif), Pendekatan Spiral dan Pendekatan Lintas Materi.
Dari latar belakang tersebut, maka didalam makalah ini akan dibahas lebih lanjut mengenai arti pendekatan, jenis-jenis pendekatan pembelajaran bahasa dan langkah - langkah menetapkan pendekatan dalam pembelajaran bahasa indonesia.

B.   Rumusan masalah
1.  Apa yang dimaksud dengan Pendekatan Pembelajaran?
2.  Apa saja  jenis-jenis pendekatan pembelajaran bahasa?
3. Bagaimana langkah menetapkan pendekatan dalam pembelajaran bahasa indonesia?

C.   Tujuan penulisan makalah
1. Mengetahui apa arti pendekatan pembelajaran.
2. Mengetahui jenis-jenis pendekatan pembelajaran bahasa.
3. Mengetahui langkah menetapkan pendekatan dalam pembelajaran bahasa.


Download and Full Post Klik Disini

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.