-->

February 06, 2014

KETERPADUAN PEMBELAJARAN BAHASA

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kebijakan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2005) yang dituang-kan dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indo-nesia menggariskan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan secara tematik dan integratif (terpadu) dengan memfokuskan pada aspek keterampilan berbahasa (kompetensi komunikatif, Savignon, 1983). Pembelajaran bahasa Indonesia seperti itu sebenarnya sudah dikenal sejak diberlakukannya Kurikulum 1994. Kompetensi yang dituntut adalah kompetensi komunikatif, yakni kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulisan. Terkait dengan kurikulum yang berlaku sekarang, yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), tuntutan terhadap kompetensi komunikatif tersebut tidaklah menimbulkan permasalahan, mengingat sejak dulu kurikulum bahasa Indonesia sudah berorientasi pada kompetensi.
Pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan secara tematik, artinya bahwa tiap kegiatan berbahasa pastilah berpangkal pada tema tertentu. Implikasinya, secara operasional suatu sajian pembelajaran bahasa Indonesia di dalam suatu pertemuan haruslah menggunakan suatu tema tertentu. Misalnya, jika dalam suatu pertemuan dipilih tema teknologi, diskusinya tentang teknologi, begitu pula kosakatanya, latihan menulisnya, dan sebagainya.
    Di samping secara tematik, pembelajaran bahasa Indonesia juga dilakukan secara integratif. Artinya, pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan memadukan empat keterampilan berbahasa, yakni keterampilan mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Ini sering disebut dengan keterpaduan internal. Sementara itu, pembelajaran bahasa Indonesia dapat juga dipadukan dengan bidang studi lain, seperti: Matematika, IPA, dan IPS (keterpaduan eksternal).


B.    Rumusan Masalah
1.    Bagaimanakah Keterpaduan Dalam Satu Keterampilan Berbahasa ?
2.    Bagaimanakah Keterpaduan Antarketerampilan Berbahasa ?
3.    Bagaimanakah Keterpaduan Lintas Kurikulum ?
4.    Bagaimanakah Keterpaduan Bahasa Dengan Beberapa Mata Pelajaran?
5.    Apa sajakah Prinsip-prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia secara Terpadu?

C.    Tujuan
1.    Untuk Mengetahui Bagaimanakah Keterpaduan Dalam Satu Keterampilan Berbahasa
2.    Untuk Mengetahui Bagaimanakah Keterpaduan Antarketerampilan Berbahasa
3.    Untuk Mengetahui Bagaimanakah Keterpaduan Lintas Kurikulum
4.    Untuk Mengetahui Bagaimanakah Keterpaduan Bahasa Dengan Beberapa Mata Pelajaran
5.    Untuk Mengetahui Apa sajakah Prinsip-prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia secara Terpadu


Download and Full Post Klik Disini

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.