-->

February 23, 2014

PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL DAN MORAL

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Manusia sebagai makhluk hidup akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan sepanjang hayat. Telah diketahui bahwa perkembangan adalah perubahan – perubahan yang dialami oleh individu atau organisme   menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan bersinambungan, baik mengenai fisik maupun psikis, sedangkan pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi fisik, dan atau menunjukkan kepada fungsi tertentu yang baru dari organisme atau individu baik fisik maupun psikis Perkembangan dan pertumbuhan dialami oleh manusia sebagai makhluk hidup dari masa pranatal (sebelum lahir) sampai masa dewasa. Perkembangan akan terhenti ketika manusia sudah mati.
Pekembangan manusia dari satu masa menuju masa lainnya mempunyai karakteristik yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh faktor pembawaan yang bersifat alamiah, faktor lingkungan, dan faktor waktu yaitu saat-saat tibanya masa peka atau kematangan.
Manusia disamping sebagai makhluk pribadi juga merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia mempunyai kepentingan dengan manusia lain, ingin berhubungan dengan orang lain, saling berbagi rasa dan pengalaman dengan orang lain. Sehingga untuk memenuhi kebutuhannya, manusia tidak bisa lepas dari lingkungan sosialnya atau manusia-manusia yang ada disekitarnya. Hal ini akan terlihat ketika anak mengembangakan salah satu kecakapan misalnya kognitif maka secara otomatis anak juga mengembangan konsep diri, dengan berinteraksi dengan orang lain. Dengan demikian perkembangan seorang individu mencakup beberapa macam yaitu perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa, perkembangan psikososial dan perkembangan moral.

B.    RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dirumuskan:
1.    Bagaimanakah perkembanagan personal dan sosial?
2.    Apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial?
3.    Bagaimanakah perkembangan perasaan dan emosi?
4.    Bagaimanakah perkembangan moral manusia?
C.    TUJUAN
Dari uraian rumusan masalah di atas, maka tujuan penulisan makalah ini adalah:
1.    Menjelaskan perkembangan personal dan sosial.
2.    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial.
3.    Menjelaskan perkembangan perasaan dan emosi.
4.    Menjelaskan perkembangan moral manusia.

Download and Full Post Klik Disini

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.