-->

May 06, 2014

Bentuk-bentuk Perilaku Bermasalah


1.    Rasionalisasi
Perilaku rasionalisasi ditunjukan dalam bentuk memberikan penjelasan atas perilaku yang dilakukan oleh individu, penjelasan yang tampak biasanya cukup logis dan rasional tetapi pada dasarnya apa yang dijelaskan itu bukan penyebab nyata karena dengan penjelasan tersebut sebenarnya individu bermaksud menyembunyikan latar belakang perilakunya.
Contoh: doni kelas V Sd bangun kesiangan sehingga datang sekolah terlambat. Ketikan ibu guru bertanya mengapa dia terlambat maka dia menjawab bahwa perjalanan dari rumah kesekolah mengalami kemacetan.
2.    Sikap bermusuhan
Sikap ini tampak dalam perilaku yang agresif, menyerah,mengganggu dan bersaing.
3.    Menghukum diri sendiri
Perilaku ini tampak dalam wujud mencela diri sendiri sebagai penyebab utama kesalahan.
4.    Konformitas
Perilaku ini ditunjukan dalam bentuk menyelamatkan diri dengan atau terhadap harapan-harapan orang lain. Dengan memenuhi harapan orang lain maka dirinya akan terhindar dari kecemasan.
5.    Sinis

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.