-->

May 06, 2014

Masalah belajar pada siswa SD

Masalah belajar adalah suatu kondisi tertentu yang dialami oleh murid dan menghambat kelancaran proses belajarnya. Kondisi tertentu itu dapat berkenaan dengan keadaan dirinya yaitu berupa kelemahan-kelemahan yang dimilikinya dan dapat juga berkenaan dengan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi dirinya. Masalah-masalah belajar ini tidak hanya dialammi pada murid-murid yang lambat dalam belajarnya namun juga dapat dialami oleh murid yang cerdas.
Maka jenis masalah-masalah belajar di SD dapat dikelompokan pada murid-murid yang mengalami :
a.    Keterlambatan akademik yaitu keterlambatan murid yang diperkirakan memiliki intelegensi yang cukup tinggi, tetapi tidak dapat memanfaatkan secara optimal.
b.    Ketercepatan dalam belajar yaitu keadaan murid yang memiliki keadaan bakat yang cukup tinggi atau memiliki IQ 130 atau lebih, tetapi masih memerlukan tugas-tugas khusus untuk memenuhi kebutuhan dan kemampuan belajarnya yang amat tinggi.
c.    Sangat lambat dalam belajar yaitu kedaan murid yang memiliki keadaan bakat yang kurang memadai dan perlu dipertimbangan untuk mendapat pendidikan khusus.
d.    Kurang motivasi dalam belajar yaitu keadaan murid yang kurang bersemangat dalam belajar, mereka seolah-olah tampak jera dan malas.
e.    Bersikap dan kebiasaan buruk dalam belajar yaitu kondisi murid yang kegiatan atau perbuatan belajar sehari-harinya antagonistik dengan seharusnya, seperti suka menunda-nunda tugas, mengulur waktu, membenci guru,tidak mau bertanya untuk hal-hal yang idak diketahui.
f.    Sering tidak sekolah yaitu murid-murid yang sering tidak hadir atau menderita sakit dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga kehilangan sebagian besar kegiatan belajarnya.

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.