-->

June 29, 2014

Aspek-aspek Keterampilan Berbahasa

Sehubungan dengan penggunaan bahasa, terdapat empat keterampilan dasar berbahasa yaitu, menyimak, berbicara, menulis, dan membaca. Keempat keterampilan tersebut saling terkait antara yang satu dengan yang lain.
1.    Menyimak
Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang lisan-lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi serta interprestasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang disampaikan oleh pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan. Menyimak adalah suatu proses yang mencakup kegiatan mendengarkan bunyi bahasa, mengidentifikasi, menginterpretasikan, dan mereaksi atas makna yang terkandung di dalamnya”. (Sabarti –at all: 1992).
Tujuan Menyimak
Tujuan utama menyimak adalah untuk menangkap dan memahami pesan, ide serta gagasan yang terdapat pada materi atau bahasa simakan. Dengan demikian tujuan menyimak dapat dijabarkan sebagai berikut:
a)    Menyimak memperoleh fakta atau mendapatkan fakta
b)    Untuk menganalisis fakta
c)    Untuk mengevaluasi fakta
d)    Untuk mendapatkan inspirasi
e)    Untuk mendapatkan hiburan atau menghibur diri
2.    Berbicara
Menurut Nurgiyantoro (1995:276) berbicara adalah aktivitas berbahasa kedua yang dilakukan manusia dalam kehidupan berbahasa, yaitu setelah aktivitas mendengarkan. Berdasarkan bunyi-bunyi yang didengar itu, kemudian manusia belajar untuk mengucapkan dan akhirnya terampil berbicara.
Berbicara diartikan sebagai kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan dan menyampaikan pikiran, gagasan, serta perasaan (Tarigan, 1983:14).
Tujuan Berbicara
Setiap kegiatan berbicara yang dilakukan manusia selalu mempunyai maksud dan tujuan. Menurut Tarigan (1983:15) tujuan utama berbicara adalah untuk berkomunikasi.
3.    Membaca
Membaca yaitu suatu proses penyerapan informasi dalam dari sebuah karya tulis untuk    mengetahui informasi yang ingin disampaikan penulis.
Tujuan membaca
a)    kesenangan,
b)    menyempurnakan membaca nyaring,
c)    menggunakan strategi tertentu,
d)    memperbaharui pengetahuannya tentang suatu topik,
e)    mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah diketahuinya,
f)    memperoleh informasi untuk laporan lisan atau tertulis.
Beberapa tujuan membaca lainnya yang erat kaitannya dengan makna, diantaranya:
a)    Membaca untuk memperoleh perincian-perincian atau fakta-fakta.
b)    Membaca untuk memperoleh ide-ide utama.
c)    Membaca untuk mengetahuai urutan atau susunan, organisasi cerita.
d)    Membaca untuk menyimpulkan.
e)    Membaca untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan.
f)    Membaca untuk menilai atau mengevaluasi.
g)    Membaca untuk memperbandingkan atau mempertentangkan.
4.    Menulis
Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Secara umum Semi (1990:19) membagi tujuan menulis sebagai berikut:
a.    Memberikan arahan, yakni memberikan petunjuk kepada orang lain dalam mengerjakan sesuatu, misalnya petunjuk cara menggunakan mesin, merangkai bunga, dan sebagainya.
b.    Menjelaskan sesuatu, yakni memberikan uraian atau penjelasan tentang suatu hal yang harus diketahui orang lain, misalnya menjelaskan mengenai manfaat lari bagi kesehatan jantung.
c.    Menceritakan kejadian, yakni memberikan informasi tentang sesuatu yang berlangsung di suatu tempat pada suatu waktu, misalnya menceritakan tentang perjuangan Sultan Hasanuddin.
d.    Meringkaskan, yakni membuat rangkuman suatu tulisan sehingga menjadi lebih singkat, misalnya dari 150 halaman menjadi 10 halaman, maupun ide pokoknya tidak hilang.
e.    Meyakinkan, yakni tulisan berusaha meyakinkan orang lain agar setuju atau sependapat dengannya. Barangkali tujuan menulis yang paling umum digunakan adalah tujuan meyakinkan ini.

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.