-->

July 10, 2015

Desain Kurikulim Disiplin Ilmu

Menurut Longstrteet (1993) Desain kurikulum ini merupakan desain kurikulum yang berpusat pada pengetahuan (the knowledge centered design) yang dirancang berdasarkan struktur disiplin ilmu, oleh karena itu model desain ini dinamakan juga model kurikulum subjek akademis yang penekanannya diarahkan untuk pengembangan itelektual siswa. 
Menurut Mc Neil (1990)Desain kurikulum ini berfungsi untuk mengembangkan proses kognitif atau pengembangan kemampuan berfikir siswa melalui latihan menggunakan gagasan dan melakukan proses penelitian ilmiah.
Desain model ini bukan hanya diharapkan siswa semata-mata dapat menguasai materi pelajaran sesuai dengan disiplin ilmu akan tetapi juga melatih proses berfikir melalui proses penelitian ilmiah yang sistematis. Dalam implementasinya strategi yang banyak digunakan adalah strategi ekspositori. Melalui strategi ini gagasan atau informasi disampaikan oleh guru kepada siswa.

Salah satu contoh kurikulum yang berorientasi pada disiplin ilmu disebut juga  kurikulum subjek akademis adalah man: a course of study (MACOS) dirancang untuk memperbaiki proses perbaikan pengajaran ilmu sosial dan humanis. Kurikulum ini di peruntukan untuk sekolah dasar. Tujuan utama kurikulum MACOS adalah perkembangan intelektual, yaitu membangkitkan penghargaan dan keyakinan akan kemampuan sendiri dengan memberikan serangkaian cara kerja yang memungkinkan anak mampu menganalisis kehidupan sosial walaupun dengan cara sederhana yang melalui kegiatan ilmiah.

Selamat Datang di www.anaziz.com semoga konten yang anda cari ada disini. Website ini masih dalam pengembangan dan akan berorientasi pada bidang pendidikan terutama perangkat pembelajaran. Semoga bisa menjadi website yang berguna terutama untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Bergabung dengan Tim

Kontak
Aziz Permana
082137148320
Gempolsari 18/04, Wates, Simo, Boyolali
Powered by Blogger.